Andrea Miranda

Musik sudah menjadi bagian dari hidup Andrea sejak kecil. Sarjana Seni dari Universitas Pelita Harapan ini juga memperdalam ilmunya dengan mengikuti kursus singkat di Berklee College of Music (Boston, AS). Kecintaannya terhadap dunia teater musikal yang sudah muncul sejak remaja ini semakin berkembang setelah Andrea berhasil lolos dalam audisi Gita Cinta the Musical produksi Artswara di akhir tahun 2009.

Sejak itu, Andrea semakin aktif bermain dalam dunia teater musikal Indonesia seperti Onrop!, Semut Merah Semut Hitam, Sang Kuriang, Drama Musikal Gita Cinta, Genta Sriwijaya, Into The Woods dan juga sebagai Ibu Ainun Habibie dalam Opera Ainun, dimana Andrea bekerja sama dengan sejumlah nama besar, diantaranya Dian HP, Avip Priatna, Purwa Tjaraka, Tohpati, Ari Tulang, Joko Anwar, Wawan Sofwan, Titiek Puspa dan juga Wayang Orang Bharata.

Di pertengahan tahun 2014, Andrea kembali ke Amerika Serikat untuk memperdalam ilmu teater musikal. Di New York Film Academy (NYFA), Andrea belajar langsung dari sejumlah pelaku seni di Broadway seperti Kristy Cates, Deidre Goodwin, Anna Ebbesen, Bobby Cronin, Mark Price, dan Bronson Norris Murphy. Bersama NYFA, Andrea juga sempat membawakan sebuah musikal berjudul Songs For A New World karya komposer Jason Robert Brown.

Di akhir tahun 2015, Andrea merilis album rekaman perdananya yang mengusung musik bergenre operatic pop – tentunya dengan sentuhan teater musikal, berkolaborasi dengan sejumlah musisi seperti Purwa Tjaraka, Dian HP, Tohpati, Ifa Fachir serta Mhala dan Tantra Numata. Di awal tahun 2019 ini, Andreapun mengeluarkan single terbarunya yang berjudul Perahu Di Atas Bukit.

Saat ini, Andrea kembali memperdalam musik klasik dibawah bimbingan Joseph Kristanto. Andrea juga dipercaya untuk memimpin Divisi Kurikulum di Purwa Caraka Music Studio dan juga merupakan salah satu staff pengajar di Universitas Pelita Harapan.