Avip Priatna

Avip Priatna adalah konduktor ternama Indonesia. Setelah menyelesaikan studinya di Teknik Arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, ia melanjutkan pendidikannya di University of Music and Performing Arts di Wina, Austria. Konduktor kelahiran Bogor ini belajar orchestral conducting dari konduktor terkenal, Leopold Hager serta choir conducting dari Prof. Gunther Theuring. Ia kemudian menyelesaikan Magister Artium dengan beasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan pada 1998.

Saat ini, Avip adalah direktur musik dan konduktor Jakarta Concert Orchestra (JCO) dan Batavia Madrigal Singers (BMS). Lewat dua organisasi ini, Avip bertujuan untuk membawa musik simfoni—baik simfoni orkestra maupun simfoni vokal—lebih dekat kepada masyarakat.

Prestasi yang telah diraihnya adalah Premio a la Mejor Dirección “José Hódar Talavera”, gelar konduktor terbaik dalam kompetisi paduan suara internasional 57th Certamen Internacional de Habaneras y Polifonia yang diselenggarakan di Torrevieja, Spanyol, Juli 2011. Di ajang kompetisi yang sama, bersama BMS Avip berhasil meraih empat penghargaan lain. Lima penghargaan sekaligus adalah prestasi terbaik sejauh ini yang pernah dicapai oleh suatu paduan suara di kompetisi yang telah diselenggarakan sejak 1954 tersebut.

Gelar sebagai konduktor Terbaik kembali diperolehnya pada 34th International May Choir Competition “Prof. Georgi Dimitrov” yang diselenggarakan di Varna, Bulgaria, Mei 2012. Di ajang yang juga merupakan salah satu kompetisi dalam seri European Grand Prix for Choral Singing ini, Avip juga berhasil membawa BMS menjadi Juara Umum, setelah menjadi juara pertama dalam kategori Mixed Choirserta nilai tertinggi dalam kategori Chamber Choir.

Di tahun 2015, Avip Priatna mendapatkan penghargaan kebudayaan oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan dalam kategori “Pencipta, Pelopor, dan Pembaru”.

Dengan pengalaman dan prestasinya, Avip Priatna diundang sebagai juri di berbagai lomba paduan suara lokal dan internasional antara lain: Takarazuka International Chamber Choir Contest, Jepang; Genting Art Festival, Malaysia; dan Suzhou International Choir Festival, Cina. SelengkapnyatentangAvipPriatnadapat dilihatdi www.avippriatna.com

“WithWilliam Tell OverturebyGRossini works,Avipmanagedtoinspiretheaudiencetoenjoyanight fullof joy. Solidinstrumental sounded inacompactand magnificent orchestra”

(Kompas25March2014-NinokLeksono)

AvipPriatna mampumengatur tempodanvolumepermainan, kadangsangat lembut danhampir takterdengar. Nada-nadayangdimainkan datardanmonotonbisatiba-tibamenjadi sangatkeras dandinamis.”

(MajalahTempoEdisi 24- 30Mei 2010)