Batavia Madrigal Singers

Batavia Madrigal Singers (BMS)  adalah salah satu  paduan suara terbaik  dunia ( Finalis European  Grand  Prix  for  Choral  Singing (EGP) 2013 & 2017.  Rentang komposisi yang dibawakan BMS sangat beragam: komposisi musik dari zaman klasik hingga kontemporer, serta beraneka aliran dari barok hingga pop modern. Sejak tahun 2001, BMS berhasil memenangkan kompetisi-kompetisi paduan suara international yang prestisius dan menjadi  barometer kesuksesan  serta panutan bagi banyak kelompok paduan suara di tanah air. Prestasi dalam delapan tahun terakhir yaitu:

2011: Memperoleh 5 gelar penghargaan dalam 57 Certamen Internacional De Habaneras Y Polifonia yang diselenggarakan di Torrevieja, Spanyol.  Avip Priatna  meraih gelar  Premio  ala Mejor  Dirección  “José Hódar Talavera” KonduktorTerbaik, Primer Premio “Juan Aparicio”Juara I HabanerasPremio “Francisco Vallejos” –  Interpretasi Terbaik karya lagu Habaneras dengan aransemen populer, Premio del PúblicoFavorit Pemirsa, Premio IntercontinentalPeraih Nilai Tertinggi atas  karya Habaneras dan Polifoni.  Lima penghargaan  sekaligus adalah  prestasi terbaik sejauh ini  yang pernah dicapai oleh suatu paduan suara di kompetisi yang telah diselenggarakan sejak 1955 tersebut.

2012: Meraih 4 gelar yaitu Juara Umum di 34th International May Choir Competition ‘Prof. Georgi Dimitrov’  di Varna,  Bulgaria, Juara I kategori mixed choir, Juara II kategori vocal ensemble dan Avip Priatna sebagai Konduktor Terbaik, gelar berulang yang diperolehnya dan bukti supremasinya sebagai pemimpin paduan suara.2013, Berhasil menjadi Finalis EGP, paduan suara lima besar terbaik di dunia dalam seri  European Grand Prix for Choral Singing, di Arezzo, Italia. EGP adalah sebuah kompetisi paduan suara tertua dan tersulit di dunia.  Prestas ini sangat membanggakan, karena BMS adalah paduan suara pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan pencapaian setinggi ini.

2014: Meraih 3 gelar yaitu Juara II kategori Renaissance, Juara III kategori Mixed Choir dan Interpretasi Terbaik atas karya modern (Salve Regina  karya Ralph Hoffmann),  pada kompetisi yang juga seri  European Grand Prix for Choral Singing,  Florilège Vocal de Tours, Prancis.

2015:

  1. 36th International May Choir Competition . Meraih 4 gelar di, Varna, Bulgaria ,BMS yang merupakan  satu-satunya  perwakilan dari Asia, memperoleh Juara I kategori Equal Voices/Female Choir, Juara II kategori Mixed Choir, dan Juara II kategori Chamber Choir. BMS juga merupakan Runner Up Grand Champion dari kompetisi ini.
  2. Marktoberdorf, Jerman, BMS merupakan salah satu dari sepuluh paduan suara terbaik yang lolos seleksi untuk berpartisipasi di kategori Mixed Choir. Di kompetisi yang paling prestisius ini, seluruh peserta juga berkesempatan tampil di konser-konser kecil dan pertunjukan bagi publik sambil memperkenalkan lagu-lagu daerah asal masing-masing. BMS berhasil meraih Juara III.

2016: Meraih 3 gelar yaitu Juara I kategori Polyphony, Juara I kategori Basque Songs & Popular Music/Folklore serta menjadi Juara Umum dalam 48th  Tolosa Choral Contest, Spanyol.

2017: BMS menjadi Finalis European Grand Prix for Choral Singing untuk kedua kalinya di Arezzo, Italia.

Pada bulan November 2018 yang baru lalu, BMS baru saja mengukir prestasi dengan menjadi Juara I bersama 3 paduan suara lain pada kompetisi  “50th Tolosa Choral Contest 2018”. Kompetisi edisi khusus ini hanya diikuti oleh paduan suara yang pernah menjadi pemenang sebagai Juara I di kompetisi tersebut, dan merupakan paduan suara papan atas dunia.

Dan baru baru ini, 2019, Batavia Madrigal Singers kembali meraih kemenangan di kompetisi Paduan Suara “Florilege Vocal de Tours” di kota Tours, Perancis yang merupakan bagian dari rangkaian kompetisi European Grand Prix dengan 3 penghargaan yaitu : The Best Mixed Choir; The Best Stage Performer; dan Audience Choice Award. Selengkapnya tentang BMS dapat dilihat di  www.bataviamadrigalsingers.com.

“ The Batavia Madrigal Singers amazed me during their performance at the 2018 Tolosa Choral Contest with their exceptional sound and ability to sing together as one outstanding instrument with expressive vocal technique. I was fascinated by your collective sound, and I was very impressed that you were able to maintain this beauty in many different styles of repertoire. Your choir performs with very beautiful legato. I wish you all the best in the future performances and hope that we may meet again”

(Maris Sirmais – Latvia),

member of the jury of the 50th Tolosa Choral Contest, Spanyol 2018)

| | |

“For me the strongest quality you have as a  choir/ensemble is the purity and clarity of your sound. It feels like the European choirs  have something to learn from YOU, in that the technical quality of the singing is consistently good throughout and the blend was excellent.”

(Paul Phoenix – King’s Singers (United Kingdom)

member of the jury of the 48th Tolosa Choral Contest, Spanyol 2016)