Jakarta Concert Orchestra

Jakarta Concert Orchestra (JCO) didirikan pada tahun 2002 oleh Avip Priatna Mag. Art dan Prof. Dr. Toeti Heraty Roosseno. Dengan nama awal Jakarta Chamber Orchestra, orkes ini didirikan dengan tujuan menjadi orkes standard yang representatif dan menjadi bagian dari aset kota Jakarta. Orkes ini beranggotakan musisi profesional dari berbagai kota di Indonesia.  Jakarta Concert Orchestra telah menggelar sejumlah konser menampilkan karya-karya Bach, Handel, Mozart, Beethoven, Schubert, Miaskovsky, Shostakovich, Prokovief, Haydn, Rachmaninoff dan lain-lain. Selain menggelar konser karya-karya simfonik, Jakarta Concert Orchestra juga kerap membawakan karya-karya vokal simfoni bersama Batavia Madrigal Singers & The Resonanz Children’s Choir.

Dengan konduktornya, Avip Priatna, Jakarta Concert Orchestra mementaskan beberapa opera secara lengkap, yaitu Cavalleria Rusticana karya Pietro Mascagni, Samson et Dalila karya Camille Saint-Saëns, The Telephone karya Menotti, drama musikal Sang Kuriang dengan libretto yang ditulis oleh Utuy T. Sontani dan opera Carmen karya Georges Bizet.

Selain menggelar konser seri Simfoni Untuk Bangsa sejak 2010, Jakarta Concert Orchestra juga tampil dalam beberapa konser hasil kerja sama dengan pihak lain seperti dengan Bimasena, Yayasan Kebun Raya Indonesia dan Kedutaan Besar Italia pada konser An Enchanting Evening of Music and Harmony, dengan P.T. PLN pada konser A Romantic Evening guna menyambut Hari Listrik Nasional, Konser Kemerdekaan 2007 yang diselenggarakan oleh Bimasena, Konser From Russia with Love yang diselenggarakan bersama Kedubes Russia, Souvenir from Vienna, Broadway Night bersama Yayasan Rumah Kita, Opera Gala Concert bersama CIMB Niaga, Simfoni Untuk Bangsa 2012 bersama Lingkar Budaya Indonesia, Konser Natal bersama P.T. PLN, PUKAT,  Bank MANDIRI, Departemen Perhubungan dan lain-lain.

Jakarta Concert Orchestra juga pernah berkolaborasi baik dengan seniman-seniman Indonesia, seperti Aning Katamsi Asmoro, Ananda Sukarlan, Binu Sukaman, Bernadetta Astari, Bams Samson, Christopher Abimanyu, Farman Purnama, Heny Janawati, Isyana, Judika, Mike Idol, Regina Idol, Teza Sumendra maupun dengan seniman dari luar Indonesia seperti Enrico Lancia, Miwako Fukushi, Maria di Benedetto, Pavel Sedov, Vitaly Yunitsky, Esther Apituley, Lavinia Meijer, Adam Gyorgi, Bettina Jensen, Suzanne Shakespeare, Gerard  Schneider dan Alexey Botvinov.

Jakarta Concert Orchestra mengemban peran edukasi yaitu untuk mengembangkan apresiasi masyarakat terhadap musik klasik, menjadi wadah pengembangan kualitas para musisi, dan  menjadi media yang memperkenalkan karya komposer Indonesia. Konser seri Classic for Young People merupakan upaya Jakarta Concert Orchestra untuk memasyarakatkan musik klasik di kalangan generasi muda dan memberikan kesempatan kepada musisi-musisi muda berbakat untuk dapat bermain bersama orkestra profesional. Dengan jadwal program berkala,Jakarta Concert Orchestra diharapkan dapat menjadi aset acara kesenian kota Jakarta.  Selengkapnya tentang Jakarta Concert Orchestra dapat dilihat di jakartaconcertorchestra.com